Karya Ilmiah Bisnis Service Laptop


KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS

“BISNIS SERVIS LAPTOP”








Oleh :
                                                   Nama               : Dimas Rio Pradana Putra Laksana
                                                   Nim                  : 16.11.0158
                                                   Kelas                : S1– TI – 03
                                                   Jurusan             : Teknik Informatika
                                                   Kelompok         : G


2017

ABSTRAK

Teknologi Sekarang sudah berkembang pesat, hampir semua orang membutuhkan laptop untuk membantu mempermudah / meringankan pekerjaan mereka, seperti mendesain, membuat tugas, membuat aplikasi, desain, dan pekerjaan kantor. Dan laptop sekarang pun sudah memiliki beragam fitur dan kecepatan proses data yang cepat. Maka hal ini akan semakin mempermudah pekerjaan kita. Banyak pengguna Personal Computer/ Pc yang beralih ke laptop karena mudah di bawa kemana mana dan ringan. Ada 2 model netbuk dan netebook. Untuk notebook biasa di sebut dengan laptop. Semua ini memiliki keunggulan masing masing.
Menservice laptop tergolong kategori yang sedikit rumit, karena perlunya pemahaman mengenai elektronika dasar dan mengetahui jalur komponen elektronika atau biasa yang di sebut skematik. Menservice laptop perlu ketelitian karena komponen yang berada di laptop lebih kecil daripada komponen yang dipake pada komputer. Maka Peluang usaha untuk membuka usaha jasa service laptop terbuka lebar dikarenakan masih sedikit yang mempunyai keahlian di bidang reparasi laptop, dan di yogya juga belum terlalu banyak yang membuka jasa reparasi laptop netbook/notebook.




Isi

Didalam dunia reparasi laptop seorang teknisi harus memiliki skill dan pengalaman yang banyak dan memahami distribusi tegangan mulai dari tegangan sebelum laptop di tekan tombol on dan tegangan VS atau biasa yang di sebut voltage switch, sama halnya dengan perbaikan komputer sebenarnya juga membutuhkan ilmu elektronika tetapi untuk laptop harus memiliki pengetahuan lebih dan pemahaman yang lebih supaya tidak terjadi hal hal yang tidal di inginkan.
Banyak pengguna laptop ditanah air, dan dari berbagai macam kalangan, entah itu pelajar, mahasiswa, guru, dosen dan yang diwajibkan memiliki laptop, supaya pekerjaan mereka menjadi mudah dan selesai pada waktunya.
Pemakai laptop sudah banyak, pasti juga banyak laptop yang rusak. Entah itu rusak karena dari salah pemakaian atau bahkan faktor usia laptop itu sendiri. Dan mulai melemahnya komponen komponen di dalam laptop. Jika laptop itu masih dalam masa garansi konsumen tidak perlu kawatir karena tidak mengeluarkan biaya untuk memperbaiki laptopnya di service center. Dan apabila laptop itu sudah lewat masa garansi biasanya konsumen tidak mau untuk menservicekan di service center karena biaya yang mahal lalu membawanya ke service yang bukan berlabel service center.
Teknisi yang Profesional harus tau prosedur perbaikan laptop, jika terjadi salah eksekusi dalam service laptop maka bisa terjadi hal yang fatal dan bahkan bisa sulit diperbaiki mengingat komponen laptop itu sangat kecil.
Teknisi Juga harus memiliki alat yang mendukung karena alat adalah senjata utama teknisi laptop dan jika alat itu bagus maka tingkat keberhasilan service pun akan tinggi. Alat bagus biasanya harganya sedikit lebih mahal daripada alat yang kualitas jelek, alat yang dibutuhkan teknisi laptop yaitu : Mesin BGA Honton HT392/ Chinafix CF260 untuk penggantian chipset laptop ataupun membantu proses pelesapan chipset laptop ketika mau di reball/ soldering ulang, solder, Blower, TVP PROGRAMER untuk flashing bios/ ic, power suply, multimeter digital dan analog, pinset, sparepart pengganti seperti LED, LCD, Keyboard, Headsing, Flexibel, Hardisk dan lain lain. Para ahli softwere juga banyak yang menciptakan seperti tool memtong bad sector pada hardisk seperti mini tool partition wizard, hdd sentiel dan lain-lain.
Untuk Biaya dalam service laptop bisa melebihi dan menutupi biaya kursus jika benar benar seorang teknisi tersebut bisa dalam memperbaiki permasalahan permaasalahan pada laptop yang telah di serviskan kepada teknisi tersebut walaupun bukan dalam jangka waktu yang singkat tapi semua tergantung dari kerja keras masing masing.
Butuh strategi khusus untuk meraih konsumen sebanyak banyaknya, dengan cara bisa melalui promosi lewat web internet, melakuka seminar, mendatangi sekolah sekolah/ mengajak kerjasama kampus.

Referensi

Previous
Next Post »