Karya Ilmiah Bisnis Online


KARYA ILMIAH
LINGKUNGAN BISNIS
“BISNIS ONLINE DENGAN MENGEDEPANKAN KEPERCAYAAN KONSUMEN” 







Oleh :
                                                   Nama               : Dimas Rio Pradana Putra Laksana
                                                   Nim                  : 16.11.0158
                                                   Kelas                : S1– TI – 03
                                                   Jurusan             : Teknik Informatika
                                                   Kelompok         : G


2017






Abstrak

Sebelum kita bahas lebih jauh apa itu bisnis online, kita harus tau apa sih itu bisnis online. Bisnis online adalah  segala jenis kegiatan bisnis yang dilakukan secara online (melalui internet).
Setiap pelaku usaha yang sebagian aktivitasnya ataupun semua aktivitas bisnisnya dilakukan melalui internet, bisa dikatakan mereka menjalankan bisnis online.
Aktivitas bisnis online ini bisa meliputi kegiatan jual beli online, maupun menyediakan jasa secara online, dan banyak jenis bisnis lainnya yang bisa kita temukan di online di berbagai bidang industri.
Intinya, jika Anda memiliki suatu ide bisnis maupun produk yang unik, Anda bisa langsung memulai menjualnya lewat internet. Artinya, semua orang bisa saja memulai bisnis online. Dan kalau saya boleh bilang, sebetulnya ini sama halnya seperti kita melakukan transaksi jual beli secara tradisional, namun kantor atau toko Anda berada di online, jadi nantinya kita juga harus memutuskan mau dibikin seperti apa tampilan website bisnis kita ke depannya. Namun semakin canggihnya alat jual dan persaingan yang ketat di bisnis ini kebanyakan terjadi kendala yang menimpa oleh karena kita harus mempunyai rencana yang matang sebelum memulai bisinis online kita.
Intinya dalam bisnis online itu jangan sampai ada pihak yang dirugikan baik itu si penjual ataupun pembeli. Dengan mendapat kepercayaan penuh dari pembeli maka kita sudah mendapatkan perhatian dari pembeli lain sehinnga jaringan bisnis online kita akan semaki luas. Dengan startegi yang mantap pula kita akan mendapatkan hasil yang memuaskan pula atas hasil jerih payah yang kita lakukan, keseriusan dan tekad  pula yang dapat membawa kita ke jlan kesuksesan.




Isi

Bisnis online sendiri sekarang perkembangannya sangatlah pesat dari si kaya/miskin, tua/muda, terpelajar/tidak mereka bisa mendirikan bisnis online. Namun pada kaya ilmiah saya kali ini saya akan menjelaskan dampak apa yang ada dalam bisnis itu sebenarnya, baik itu dampak besar ataupun kecil.
Jenis Bisnis Online
Kegiatan bisnis online ini bisa diwujudkan dalam berbagai jenis (wujud tampilan di internet). Antara lain berbentuk:
  • Website
  • Toko online atau marketplace
  • Blog
  • Akun sosial media

Manfaat Dan Tantangan Bisnis Online :
  • Potensi bisnis online memang menggiurkan, namun proses dan tantangan yang harus kita hadapi pun bukan sesuatu yang ringan.
  • Ada banyak hal yang bisa kita pertimbangkan ketika hendak memulai bisnis online atau mengonlinekan bisnis yang sudah ada, terutama jika Anda bukan seseorang yang familiar dengan komputer, atau bahkan belum pernah membangun bisnis sebelumnya.
  • Beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan diantaranya yakni:
  • Hemat biaya sewa tempat dan karyawan
  • Produknya fleksibel, bisa banyak macam
  • Kemudahan akses lewat internet, kapan saja dan dari mana saja, 24 jam 7 hari seminggu

Meskipun begitu, ada beberapa tantangan yang mau tidak mau harus kita hadapi, antara lain:
  • Membutuhkan kemampuan teknis mengenai website dan internet
  • Pengeluaran biaya untuk gadget, perangkat komputer, dan software pendukung
  • Resiko penipuan online
  • Pahami Teknologi
  • Memahami tentang cara menggunakan komputer dan beberapa software pendukungnya, serta cara memanfaatkan internet dengan baik dan benar, akan sangat membantu kita dalam menjalankan bisnis online.
  • Jangan berkecil hati jika Anda merasa kurang memahami teknologi, di luaran sana banyak sekali informasi maupun kursus yang bisa kita dapatkan untuk mendukung kita supaya lebih memahami tentang hal seperti ini.

Namun banyak diantara kita yang bertanya-tanya,, bisnis itu baiknya di mulai dari modal besar atau kecil sih atau bahkan tanpa modal. Nah kali ini saya akan membedakan dari pernyataan diatas.
·         5 rahasia memulai bisnis tanpa uang
  1.  Sikap mental positif sebagai landasan Smart Entrepreneur. Menurut prof. Edwood Chapman, sikap mental adalah cara mengkomunikasikan/mengekspresikan suasana hati/watak kepada orang lain. Apabila ekspresi kkita kepada orang lain positif, maka kita disebut orang yg bersikap mental positif begitu pula sebaliknya.
  2. Menciptakan visi dan misi stategi. Menurut Drucker, pondasi dari kepemimpinan yang efektif adalah memikirkan visi dan misi organisasi, mendefinisikan, dan mengatakan secara jelas dan nyata.
  3. Ambil langkah untuk memulai usaha. Butuh tekad dan keberanian yang besa dalam mengambil langkah dalam membuka usahamu ebtah itu nantinya halangan di depan hadapi saja jangan pantang menyerah ketika kita jatuh.
  4. Rahasia memulai usaha tanpa uang. Sebenarnya banyak usaha yang tanpa uang pun bisa kita jadikan uang bahkan bisnis tersebuat kita jual secara online. Seperti contohnya jual buah, dimana buah kita yang kita tanam sendiri, panen sendiri dan kita pula yang jual sendir, dll lah pokonya dimana ada kemauan disitu ada jalan initinya jangan pesimis tetap selalu optimis.
  5. Terimalah kegagalan sebagai pelajaran. Banyak diantara kita ketika usaha atau bisnis kita gagal yang dilakukan hanyalah pasrah dan menyerah tanpa ada rasa ingin bangkit. Namun ini merupakan cara yang salah kita ibaratkan saja anak kecil, anak kecil yang belum bisa berjalan dia sedang belajar berjalan namun di setiap langkahnya ia terjatuh namun apa yang terjadi ia tetap bangkit lagi untuk melanjutkan berjalannya tanpa takut hal serupa terjadi. Nah dari sini dapat kita simpulkan jangan lah takut ketika usaha atau bisnismu jatuh/bangkrut selalu yakinlah ada pembelajaran setiap kegagalan.


Semoga karya ilimiah saya kali ini bisa bermanfaat buat teman-teman semua baik yang baru memulai bisnis ataupun yang sudah lama menjalani bisnis tersebut.salam sukses selalu buat kita semua.

Referensi: 
  • http://webhostmu.com/apa-itu-bisnis-online/
  • Buku 11 rahasia memulai bisnis tanpa uang “smart in  entrepreneur karangan “prof. M. Suyanto
Previous
Next Post »